Back To Normal
Cara Menghapus Author, time stamp, date pada Static Pages Blogger/Blogspot

30 April 2015

Cara Menghapus Author, time stamp, date pada Static Pages Blogger/Blogspot




Sekarang saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menghapus nama penulis, jam dan tanggal (author, timestamp, and date) yang tampil pada halaman statis (Static Pages) di template yang berbasis blogspot (Blogger.com). 

Halaman Statis (Static Pages) pada blogspot adalah halaman yang kita buat dari menu "Pages" ("Laman") dari dashboard blogger Anda, biasanya seseorang membuat halaman statis dipakai untuk menulis informasi tetap yang jarang berubah-ubah pada blog, seperti About Us, Privacy Policy, Contact dan lain-lain. Karena dianggap mengganggu tampilan desain blog, banyak teman-teman blogger yang ingin menghapus nama penulis, jam dan tanggal (author, timestamp, and date) pada sebuah halaman statis tersebut. Alasannya toh itu cuma halaman tetap dan jarang diupdate, kurang penting juga untuk pengunjung blog.

Berikut ini langkah-langkah tentang Cara Menghapus Penulis, Jam dan Tanggal pada Static Pages di Blogger/Blogspot :

Langkah 1

Tugas pertama adalah Mencari nama "class" yang dipakai untuk menampilkan Penulis, Jam dan Tanggal pada Static Pages tersebut. Buka salah satu halaman statis pada blog anda dengan browser (saya rekomendasikan Firefox tapi chrome juga boleh cuma agak berat sedikit).

Klik Kanan pada bagian yang akan dihapus, pilih Inspect Element untuk menampilkan tab Developer Tools dari firefox. Setelah muncul, arahkan mouse ke bagian yang akan dihapus (di tab developer tools), browser akan otomatis memberikan informasi "nama class" yang terdapat dalam skrip template blog.
Inspect Element
Developer Tools Firefox

Langkah 2

Siapkan skrip dibawah ini, ubah "nama-class" skrip dibawah dengan nama class yang tidak akan ditampilkan di halaman blog,
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
<style>
.nama-class { display: none; }
</style>
</b:if>
Pada contoh ini nama class yang dipakai untuk menampilkan author, jam dan tanggal adalah "postmeta-primary". Jadi hasilnya sbb :
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
<style>
.postmeta-primary { display: none; }
</style>
</b:if>

Langkah 3

Masuk ke Dashboard blog anda, pilih menu Template >> Klik Tombol "Edit HTML" untuk memunculkan halaman editor HTML untuk template yang sedang digunakan.

Mencari Tag </HEAD> : Klik di dalam area HTML Editor, kemudian tekan tombol Ctrl dan F secara bersamaan pada keyboard (Ctrl+F), untuk memunculkan form search untuk mempercepat pencarian.
 
Ketik "</HEAD>" kemudian tekan "ENTER"
Contoh skrip yang telah di tempatkan di template blog

Masukan Skrip yang telah diedit tadi ke dalam skrip template blog Anda dan tempatkan di sebelum tag </HEAD>. Kemudian klik "Save template" (Selesai).

Sekarang coba buka blog anda masuk ke salah satu halaman stastis yang pernah dibuat dan akhirnya Tutorial Cara Menghapus Author, time stamp, date pada Static Pages Blogger/Blogspot telah selesai mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk teman-teman bloggers semuanya.


2 comments:

  1. The good news is that there are a variety of time-tested strategies you can use to lower your cholesterol and decrease your risk for heart problems. Some are better than others, some are easier, and some are cheaper. Here's a rundown of what's good and what's bad about cholesterol-lowering approaches. For more information Click
    obat kolesterol
    obat kanker rahim
    obat anemia
    Obat herbal stroke

    ReplyDelete