Back To Normal
Cara mengoptimalkan Judul Posting (Post Title) dari Template Blogger

02 May 2015

Cara mengoptimalkan Judul Posting (Post Title) dari Template Blogger




Judul posting pada sebuah blog mempunyai peranan sangat penting. Mungkin kita anggap dengan judul yang menarik dapat membawa pengunjung ke halaman blog itu cukup. Tapi bagaimana caranya supaya judul posting kita itu berada di halaman depan mesin pencari?, jawabannya adalah dengan cara SEO (Search Engine Optimization) yaitu mengoptimalkan semua element yang ada pada blog kita supaya disenangi dan dicintai mesin pencari. Bagaimana caranya?, pastinya mengikuti aturan-aturan yang dikeluarkan mesin pencari (Algoritma Search Engine).

Salah satu elemen dari blog yang harus kita optimalkan adalah Post Title atau judul posting. Ada beberapa cara untuk mengoptimalkan judul posting untuk penerapan SEO pada blog, salah satunya dengan menempatkan blog title (nama blog) di belakang Post Title (Judul Posting), karena judul posting yang akan pertama di crawl search engine dan judul posting lah yang akan tampil paling atas di SERP. Pada tutorial ini kita akan menjadikan judul posting kita seperti gambar dibawah (paling atas).


Supaya dapat merubah tampilan judul posting seperti gambar diatas kita harus merubah sedikit struktur kode dari template yang kita gunakan, oleh karena itu saya beri judul posting ini Cara mengoptimalkan Judul Posting (Post Title) dari Template Blogger. Jadi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya kita melakukan backup template blogger yang sedang kita pakai terlebih dahulu. Jika sudah, ikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Masuk ke halaman Dasboard, pilih menu Template > klik tombol Edit HTML.

2. Pada halaman HTML editor, cari kode script seperti dibawah :
<title><data:blog.pageTitle/></title>
Contoh Target Script Sudah Ditemukan
Gunakan fasilitas search yang ada pada html editor template dengan cara menekan Ctrl+F (bersamaan) dari keyboard. Jika sudah ditemukan Hapus kode diatas,  dan ganti dengan kode skrip dibawah ini :
    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
    <title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
    <b:else/>
    <title><data:blog.pageTitle/></title>
    </b:if>
Contoh Target Script Sudah Diganti

3. Klik tombol Save Template, untuk menyimpannya.

Untuk melihat hasilnya secara langsung, kita tinggal melakukan refresh salah satu halaman posting blog Anda di browser, kemudian arahkan kursor mouse ke atas browser (tepatnya di tab halaman posting Anda). Sebagai contoh hasilnya seperti screenshoot dibawah ini: 

Screenshoot Title Tag Yang Telah Dioptimalkan 



No comments:

Post a Comment